19 Juli 2012

“Pijat Keyboard” Cara Mengatasi Bunyi Beep beep beep Saat Menyalakan Laptop


Sepanjang usia laptopku yang udah berumur 6 tahun ini, baru pernah kejadian keluar bunyi seperti ini saat menyalakan laptop. Bermula saat 2 hari yang lalu laptop saya ini mengalami kerusakan pada windowsnya sehingga harus di install ulang, nah setelah di install itu ketika laptop dinyalakan keluar bunyi beep beep beep berulang kali (mungkin ada 20x)sebelum masuk ke windows, setelah masuk windows bunyinya hilang. Saya piker itu karena kesalahan install ulangnya karena sebelumnya laptop saya baik2 saja tidak pernah bunyi seperti itu, adapun keluhan ttg bunyi hanya pada kipas yang suaranya lumayan keras. Kata petugas yang service suara kipas yang keras itu bias karena kotor, dan bias juga karena usia laptop, hohoho… Yah tapi sepanjang tidak mengganggu ke hardware gpp lah..

Kembali ke bunyi beep, kata petugasnya bunyi itu disebabkan karena ada kerusakan pada keyboard, ada tuts yang menekan terus sehingga memunculkan bunyi beep. Nah lho,,, mikir lagi saya, perasaan keyboard saya baik2 aja gak bermasalah untuk ngetik, dll. Sampai saat itu saya masih belum percaya bener kalo keyboard saya yang rusak. Sehari setelah itu, saya datang ke tempat service lain, deket bukopin jakal, langganan install dulu waktu masih di pogung, nah disitu dijelaskan benar2 memang bunyi seperti itu biasanya disebabkan karena keyboard yang rusak, baru saya percaya deh, apalagi sampai laptop saya “dioperasi”, sempet ngeri juga pas ngliat dibongkarnya, berasa kok laptopku jadi ancur gini, nah laptop saya itu dibuka di bagian keyboardnya dan dicoba ditukar dengan keyboard lain, ternyata baik2 aja tidak muncul bunyi beep, jadi benar bahwa ada kerusakan pada keyboard saya yaitu ada salah satu tuts yang menekan terus, tapi tisak bisa terdeteksi karena untuk tuts huruf dan angka serta tuts yang biasa digunakan masih baik2 aja, gak tau ya dalam2nya… saya search di google juga banyak yang bilang bhw bunyi itu akibat kerusakan keyboard, dan bahkan ada yang memberi cara untuk mengatasinya yaitu dengan mencungkil tuts dengan cutter kemudian membersihkannya, tapi saya gak berani coba kalo sampai seperti itu, takut malah jadi tambah rusak, dan kata mas yang di tempat service yang ini kalo dibetulin pun biasanya gak bertahan lama, bisa kambuh2an. Masnya juga menyarankan kalo mau diganti bisa yang baru 275rb or second 150rb, wah lumayan mahal e kalo Cuma buat ganti keyboard, dan katanya bunyinya gak akan berpengaruh ke program kok, paling ya bikin bising di awal pas mau masuk windows, dan klo udah parah bunyinya akan makin lama, dan gak bisa buat booting masuk ke windows,,, gituuuu , jadi saya putuskan untuk bertahan saja dengan bunyi beep beep beep yang bising ini semoga gak tambah parah. Warga annida kosan saya juga mohon sabar ya dengan bunyi ini,,, bukan alarm kebakaran kok,, J

Pijat Keyboard
Nah ini baru saya coba, tapi lumayan kadang berhasil bunyi beep nya ilang, jadi caranya sebelum menyalakan laptop, lakukanlah ritual pijat keyboard yaitu dengan menekan semua tuts keyboard, perlahan aja jangan keras2, yah anggap saja sebagai relaksasi sebelum laptop dinyalakan, dan karena saya gak tau tuts mana yang mengalami kerusakan di keyboard saya, jadi saya pijat semua. Alhamdulillah ini berhasil lho,,, saat dinyalakan gak ada bunyi beep yang keluar,,, hehehehe senangnya,,, ^^ Silahkan bagi sahabat2 yang mengalami masalah yang sama bisa mencoba pijat keyboard ini,,

22 komentar:

  1. thanks, sy juga mengalami persis spertinya yg mba alami, keluar bunyi beep..beep..setlh instal ulang window...akan sy coba pijatan refleksi tutsnya..hee..tengs

    BalasHapus
  2. mb herlina listiani, bunyi beep nya dan suara keras dari kipas sekarang sudah hilang, sy bawa k service-an dan minta dibersihkan,,, tanpa perlu ganti keyboard,, :)semoga bisa dicoba juga,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu ke service an brapa biaya yang dikeluarkan untuk pembersihan keyboardnya sis?

      thx

      Hapus
    2. bro annur : abis biaya service aja, sekitar 50rb,, itu dibongkar keyboardnya,, :)

      Hapus
  3. hehehe..lucu ya ceritamu,,,kqkqkq. ak jg ngalamin hal sm ky gni,laptopnya compaq.ntar tk cobain trikmu ini aaah.mksh y infonya.

    BalasHapus
  4. wah mantab nih gan. ane juga lagi dapet pasien seperti ini.

    jangan lupa mampir di www.sarofudin.com ya

    BalasHapus
  5. pengalaman yang sama dengan saya, cuma waktu itu saya di PC bukan di laptop. karna keyboardnya ketindihan buku, pas dinyalain bunyi.. titt.tiit..tiitt..ttit, sempet bingung juga, kirain rusak.hehe

    BalasHapus
  6. Wauw.. Punya ku juga gitu, kirain RAM ny.

    BalasHapus
  7. crtanya buat ktwa... hehehe...
    mksh ya atas infonya... tadi galau knp tiba2 bunyi biip tkt laptopx rsak... tp skrg gak galau lg denger crtamu,,, thank ya...

    BalasHapus
  8. pernah ngalamin juga, ternyata ada tut yg kotor. Bisa di cek pakay software. Banyak kok, tinggal googling aja. Saya pakai keyboard test portable.

    BalasHapus
  9. Senasib sehati lolzz...sama kasusnya sama yang dialamo saya....tapi gk ada salahnya kalo coba dibongkar dulu terus dibersihkan dan alhamdullilahnya berhasil.....Ternyata ada juga yang senasib sama gue...

    BalasHapus
  10. Kalo cara mengatasi Bunyi Beep Beep pada komputer gmn ???

    BalasHapus
  11. @ryan: komputernya bunyi ya? wah,,maaf bro, klo komputer blm pernah, mungkin keyboardnya kotor? :)

    BalasHapus
  12. @all: tnyt bnyk yg senasib yaa,, hehehe:) smg gk pada kambuh lg bunyinya,

    BalasHapus
  13. Alhamduliillahh lapi saya telahhh hilanggg setelahh mijit2 keyboard tanks atas solusinyaaa

    BalasHapus
  14. Weh pantesan brisik aku sebelahan karo kosan annida :D

    BalasHapus
  15. sama saya juga pijet = tuh keyboad dan alhmadulilah nyala

    BalasHapus
  16. maksudnya sudah tidak ada bunyi lagi

    BalasHapus
  17. terimakasih infonya gan! boleh juga cek solusi terbaik untuk keyboard macbook yang berisik disini: http://zapplerepair.com/solusi-keyboard-Macbook-A1708-A1709-kena-air-jadi-susah-ditekan.html

    BalasHapus
  18. Makasiiiihhhh kak..Bismillah, Aku ikutin cara yang kakak kasih itu.. Manjuurrr bangt.. Semoga gak kambuh2 lagi bunyi nging nging nya hehe.

    BalasHapus