22 Juli 2012

Mutiara Berharga Al Waqi'ah part 1

1 Ramadhan 1433 H (21 Juli 12)
Sebuah kajian tafsir Al Qur'an @ Masjid Nurul Ashri Deresan
oleh Ustadz Syatori Abdurrauf,

Mutiara berharga surat al waqi'ah :
1.Zahidun fid-dunya (zuhud di dunya) Zuhud artinya adl menggunakan dunia untk akhirat.
2.Raghibun fil-akhirat. Rindu akhirat. Musibah terbesar manusia adl ketika manusia sdh tdk ada rindu/lupa kpd kampung akhirat.

Surat Al Waqi'ah adl slh satu surat dalam Al Qur'an yg berarti kiamat.
Ayat1 : Idza waqo'atil waqi'ah
Idza : merupakan dzorfun mustaqbalun (keterangan waktu)
Inilah cara qt memahami Al Quran tdk hny memahami artinya dg akal pikiran, tp mengerti rasa dari kata perkata Al Qur'an. Dari kata pertama saja sdh sangat bermakna yaitu idza merupakan keteramgan waktu ttg sesuatu yg akan tjd d masa yg akan dtg. Jadi menghadirkan esok dalam kehidupan qt saat ini (tahdhirul mustaqbalun fil yaum), kisah Abdullan bin Abbas sepupu Rasulullah yg meninggal saat berusia 11tahun, blio hny belajar dr Rasulullah selama 5thn. Blio terkenal sbg mufasir Al Qur'an yg terkenal hg saat ini. Kisah ketika turun surat An Nashr yg mengabarkan ttg pertolongan Allah dan kemenangan, umat Islam pd umumnya bahagia mendengar kbr gembira ini, namun Abdullah bin Abbas bersedih dan ketika ditanya oleh Umar bin Khattab, blio menjawab bhw ini merupakan pertanda, apalagi yg akan tjd stlh datangnya kemenangan? Ini adl pertanda Rasulullah akan kembali kpd Allah.
Tahdhiru wuqu'i al qiyamah fil yaum (menghadirkan hari kiamat di hari ini) mk apa yg harus dilakukan?
1. Yakin,
2. Isti'dad (melakukan apa sj yg bs qt bw ke akhirat)
3. Al Ihtisab
- Hanya mengharap ridho Alloh
- Amal2 qt penuh perhitungan mana yg lbh byk pahalanya, mana yg lbh byk mendatangkn kebaikan akhirat bg saya.

Kata kedua: waqo'ati (fi'lun maadhi menunjukkan kejadian di masa lampau, namun bermakna mudhori' : sesuatu yg blm terjadi) Kejadian belum tapi disebut sudah terjadi. Dzikrul 'adi bil amsi.
Beda sedang dan sudah, klo sudah akan ada bekasnya, sdh merasakan, ex sdg makan dan sdh makan, mk lbh enak sudah makan, krn sudah puas, kl sdg makan msh berusaha. Jadi maknanya Allah menginginkan agar qt sudah merasakan ttg kiamat. Maka pesannya adl :
1. Haqqul yaqin ttg kiamat, tdk sekedar tahu ttg datangnya kiamat tp benar2 haqqul yakin akan datang di dpn mata, akan sll ingat setiap hari. Ex akan mantu/ujian 3 hari lg, apa masih s4 bersantai? Tinggal 2 hr lg, tgl sehari lg, maka akan semakin fokus dan mempersiapkan,yg ada d pikiran hanya itu. Begitu jg dg hari kiamat sudah nampak sangat dekat akan datangnya, bhkn dg kata waqo'ati yg tdk hanya menggambarkan yg akan tjd, tp sudah ditarik ke masa lampau atau sudah terjadi, maka kejadiannya telah terjadi,, apa qt masih juga tdk berbuat apa2 untuknya? Untk datangnya kiamat.
2. Sur'atul Isti'dad bersegera dlm kebaikan
3. Husnul ihtisab, memilih yg terbaik
Urutan kebaikan ketika qt disakiti org lain adl tidak marah-memaafkan-membalas org itu dg kebaikan. Bgmn jk qt msh marah dg org itu? Maka perbaikilah hubungan dg Allah, karena dg izin Allah lah segala sesuatu terjadi, dan pasti ada hikmah di balik semua itu.

Kata ketiga : al waqi'ah berasal dr kata al waqi'un yg berasal dari waqo'a (terjadi), al waqi'un (yg terjadi/peristiwa), lalu alif lam (Al) merupakan fungsi litta'rif (sesuatu yg tlh diketahui), mk al waqi'ah ini adl sesuatu yg tekah diketahui atau pasti terjadinya. Inilah keistimewaan bahasa arab, yg memiliki sifat serius tdk dpt digunakan untk main2, yaitu dg menggunakan kata Al/inna.
Kata "tun" ta marbutoh dalam al waqi'atun memiliki makna yg sangat sangat pasti, pesannya peristiwa ini sangat dahsyat.
Hari kiamat adl peristiwa dahsyat yg pasti tjd dan sdh dipastikan kpn terjadinya. Tugas qt adl yakin dan mempersiapkannya.

InsyaAllah bersambung ke Mutiara Berharga Al Waqi'ah part 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar