29 Juli 2012

Ramadhankan Androidmu

Alhamdulillah ramadhan ini sudah ditemani dengan si putih soner android yang oke punya, semoga bisa menjadi sarana meraih kebaikan yang lebih baik untuk bekal yang kekal, aamiin.

Apa saja kebutuhan Ramadhan Androidmu? Ini dia,,,,
1. Al Qur'an ---> ada beberapa pilihan aplikasi al quran untuk android, dan disini saya memilih "Qur'an Android" karena sesuai dengan kebutuhan, saya sesuaikan dengan model mushaf al qur'an yang saya miliki, dengan format halaman yang sama supaya memudahkan dalam membaca dan menghafal. Qur'an Android ini dilengkapi dengan terjemahan dalam beberapa bahasa, saya pilih bahasa Indonesia tentu saja :), lalu ada fasilitas search kata dalam Al Qur'an di bagian terjemahan, dan ada daftar surat yang memudahkan kita mencari surat dan sekaligus ada batasan juz-nya. Lebih lengkapnya silahkan datang langsung ke market Al Qur'an Android sekaligus bisa pilih-pilih aplikasi Al Qur'an yang lain.
2. Notes ---> ada banyak pilihan juga, saya pilih colour notes karena tertarik dengan fasilitas warnanya, qt bisa memilih warna yang berbeda untuk setiap notes kita. Sepanjang menggunakan notes ini nyaman buat menulis, apalagi kalo pas ikut kajian, sangat praktis digunakan, lengkap ada copy paste nya. Seperti Ramadhan kali ini saya tidak menulis di buku, tapi mulai menulis di notes ini, karena hasilnya langsung bisa di upload ke blog ini. Format file-nya bisa langsung di share juga ke email or jika di transfer ke laptop maka format file-nya adalah html. Itung-itung irit kertas dan bisa langsung publish itu yang lebih penting, spy ilmu ini gak teronggok di buku saja, tapi bisa tersebar luas lewat blog yang harapannya dibaca banyak orang, dan terdokumentasikan secara digital. Lagi-lagi pengen dapetin amal jariahnya buat bekal kalo udah "pulang" nanti, supaya ilmu ini tidak terputus.
3. Blogger, Twitter, FB, buat share apa yang qt punya, yang bermanfaat menambah kebaikan.
4. Olive office premium, sebagai fasilitas pendukung format office, ada ms word, excel, pdf, bisa buat ngetik dan ngedit file2 yang terpaksa di edit di hp, tapi saya kurang nyaman memakai fasilitas ini untuk menulis, lebih enak di notes, jadi olive ini saya pakai aja untuk baca file.
5. Recorder, nah fasilitas satu ini saya harus ambil dari market, karena gak ada bawaan dari aslinya, padahal di galaxy mini adek saya ada recordernya. Gak tau juga, padahal soner ini adalah seri walkman, dan yang tersedia hanya video recorder dan music recorder saja, tidak ada recorder yang biasa.

Masih banyak lagi aplikasi android yang sangat menarik,,tapi yang 5 ini insyaAllah cukup untuk bekal selama Ramadhan dan bulan-bulan selanjutnya dalam misi kebaikan, terutama point satu dan dua adalah yang sangat-sangat penting sekali :) InsyaAllah nanti kesempatan selanjutnya saya share sedikit pengalaman sbg newbi smartphone android, "ngoprek" istilahnya,,, nanti di "Androidkan Dakwahmu".

Bagaimanapun android adalah produk teknologi yang ada "biidznillah" atas seijin Allah, maka keberadaannya harus digunakan untuk hal-hal yang tentu saja semakin mendekatkan kita kepada Allah,,,aamiin, spy saat Proses Hisab di padang mahsyar nanti ketika ditanya : "Smartphone yang kau miliki, untuk apa digunakan?" InsyaAllah kita akan dapat menjawabnya, dan mempertanggungjawabkan kepemilikannya.

So, Ramadhankan Androidmu, sahabatku,, :)
"Bersegera menuju surga"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar